Tujuh Balon Bupati Takalar Yakin Sehat


MAKASSAR, CAKRAWALA — Tujuh pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Takalar, mengikuti tes kesehatan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sabtu, 14 Juli kemarin. Tes kesehatan tersebut merupakan tahapan yang harus ditempuh sebelum bertarung di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Takalar.

Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00 sore di Private Care Centre (PCC) RSU Dr Wahidin

Sudirohusodo. Ketujuh pasangan tersebut yakni Buharnuddin Baharuddin – Natsir Ibrahim, Ahmad Daeng Se’re-Sukwansyah Andi Lomba, Andi Jen Syarif Rivai -Gassing Rapi, Syamsari Kitta-Hamzah Barlian.

Kemudian Andi Makmur A Sadda- Nashar Andi Baso, Masniar Mappasawang-Burhan Talli (independen), Abdul Gani-Tombong Daeng Rani (independen).

Mereka menjalani serangkaian tes kesehatan fisik dan dilanjutkan dengan psikologi. Pengecekan fisik kesehatan yang  dilakukan oleh tim penilai, di antaranya pengecekan observasi riwayat penyakit sebelumnya, peyakit dalam, syaraf, mata, telinga hidung tenggorokan (THT), paru-paru, fungsi Jantung, kardiologi dan kejiwaan.


Dr Heru, Sekretaris Tim Dokter IDI  menjelasakn, dalam tes kesehatan, ada 12 organ tubuh yang diperiksa. Antara lain organ luar dan dalam seperti, jantung, paru-paru, neurologi, mata, THT, gigi dan bedah tulang.

emeriksaan ini juga berdasarkan undang-undang sekaligus menjadi syarat agar bisa mencalonkan untuk menduduki kursi tertinggi di Kalbar. “Kita melihat calon ini lima tahun kedepan, apakah mampu menjalankan tugasnya atau tidak. Oleh karena itu dilihat perorgan. Hasilnya akan diserahkan ke KPU,” jelas  heru.

Mengenai hasil dari pemeriksaan kesehatan fisik dan tes kejiwaan ini, pihak IDI menegaskan bahwa pihaknya menjalankan tugas secara independen. Tim dokter juga akan mengoreksi semua organ dari keempat pasangan cagub dan cawagub.

Jika memungkinkan untuk dilakukan pengoreksian, maka tim dokter akan melakukan pengoreksian. “Jika ketujuh  pasangan sudah selesai melakukan pemeriksaan, kami akan ambil dari RSUD dan akan dilaksanakan rapat pleno lalu kami serahkan ke KPU. Yang menentukan laik dan tidaknya itu KPU,”  jelas heru lagi . (mg4/tir)

Sumber : http://cakrawalaberita.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tujuh Balon Bupati Takalar Yakin Sehat"

Post a Comment

KOMENTAR FESBUKER