Tujuh Pasangan di Takalar


TAKALAR, FAJAR -- Pasangan kandidat bakal cabup-cawabup, Andi Jen Syarif Rifai-Gassing Rapi, menjadi pendaftar terakhir di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Takalar, Senin, 2 Juli. 

Total ada tujuh pasangan calon, baik lewat partai politik maupun perseorangan (independen), remsi mendaftar.  Mereka adalah Syamsari Kitta-Hamzah Barlian (PKS, PKB, PDI-P), A Makmur A Sadda-Nashar A Baso (PDK, PPP, PKNU, Demokrat), Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Golkar), Achmad Daeng Se're-Sukwansyah (18 partai nonparlemen), Andi Jen Syarif Rifai-Gassing Rapi (Hanura, PAN, PBB), Abdul Gani-Tombong Rani (jalur perseorangan), serta Masniar Mappasawang-Burhan Talli (jalur perseorangan). 

Jen-Gassing paling akhir mendaftar di KPU. Sebelumnya Jen dikabarkan terkendala partai pengusung. Ia dilaporkan belum mendapatkan rekomendasi resmi dari Gerindra yang memiliki satu kursi, hingga pukul 21.00 kemarin. Gerindra ngotot memaksakan kadernya untuk 02. Sementara Hanura dan PAN lebih condong mendorong Gassing Rapi mendampingi Jen. Padahal, Jen sudah menggelar deklarasi besar-besaran dengan mendatangkan ribuan massa pendukungnya.

Namun, Jen-Gassing berhasil melobi Partai Bulan Bintang (PBB) di detik terakhir dan melepas Gerindra. Total enam kursi digenggam Jen. PAN (dua kursi), Hanura (dua kursi) dan PBB (dua kursi). 

"Kita tidak pernah mengatakan didukung oleh Gerindra, itu kan hanya selentingan di luar," kilah Jen. Di pihak lain, kandidat calon bupati dari jalur perseorangan, Masniar yang merupakan wakil Ketua DPD I Gerindra Sulsel akan berstatus nonaktif ketika resmi ditetapkan sebagai calon bupati. "Saya sudah minta izin mengundurkan diri," kata Masniar didampingi Burhan.

Andi Makmur-Nashar malam tadi juga menyerahkan rekomendasi Partai Demokrat yang memiliki tiga kursi, sebagai dukungan tambahan. Total delapan kursi di belakang AMAN. "Kami mengusung pasangan AMAN dengan pertimbangan yang cukup matang," jelas Sekretaris DPC Partai Demokrat Takalar, Irwan Pasang. 

Selanjutnya KPU akan melakukan penelitian dan klarifikasi seluruh berkas dokumen para kandidat hingga 23 Juli nanti. (yuk/ysd)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tujuh Pasangan di Takalar"

Post a Comment

KOMENTAR FESBUKER