Pilkada Takalar-Ajiku Ditinggalkan Dua Parpol Pengusung


TAKALAR– Dua partai politik (parpol) nonparlemen tibatiba menarik dukungannya dari pasangan Achmad Daeng Se’- re-Sukwansyah A Lomba (Ajiku) saat penetapan pasangan calon di Pilkada Takalar, kemarin. 

Dua parpol tersebut, yakni Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) dan Partai RepublikaN. Penarikan dukungan lantaran kepengurusan dua partai tersebut,mulai tingkat kabupaten/ kota hingga pusat mengalami pergantian pengurus. Meski dua parpol nonparlemen tersebut menarik dukungan, namun tidak memengaruhi pencalonan pasangan Ajiku di pilkada. Ketua Pokja Pencalonan KPU Takalar Jusalim Sammak mengatakan, sebanyak 18 parpol nonparlemen sebelumnya mengusung pasangan Ajiku. 

Setelah dilakukan verifikasi, terdapat dua partai yang menyatakan mundur dari koalisi, sehingga jumlah parpol yang mengusung Ajiku tersisa 16 partai. “Meski demikian, pasangan Ajiku tetap lolos dalam verifikasi berkas pengusungan partai, karena jumlah suara yang ditetapkan di KPU sebesar 21.000 lebih, sedangkan perolehan suara dari gabungan parpol nonparlemen sebanyak 28.385 suara,” ungkap Jusalim di Takalar,kemarin. 

Dia menambahkan, saat verifikasi berkas, KPU juga menerima teks bahwa pengurus PPPI telah dibekukan.Namun sehari setelahnya, KPU kembali menerima surat dari pengurus pusat PPPI bahwa kepengurusan PPPI diaktifakan kembali sehingga KPU menganggap dukungan PPPI tersebut tetap sah. Terkait pencalonan dua pasangan independen, lanjut Jusalim, dua pasangan sudah memenuhi syarat untuk maju di Pilkada Takalar.

Kedua pasangan calon independen berhasil mengumpulkan suara berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP) sebanyak 15.000 suara, atau lebih banyak dari persyaratan yang ditentukan oleh KPU yakni sebanyak 14.880 suara. “Suara sah tersebut setelah KPU melakukan dua kali verifikasi. Sementara, empat pasangan calon lainnya, juga dinyatakan telah memenuhi syarat sesuai aturan yang berlaku di KPU,”ungkapnya. baharuddin/ abd salam malik  

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pilkada Takalar-Ajiku Ditinggalkan Dua Parpol Pengusung"

Post a Comment

KOMENTAR FESBUKER