KPU Siap Tambah Bilik Suara

TAKALAR, FAJAR -- Menyiasati potensi antrean pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Komisi Pemilihan Umum Takalar siap melakukan penambahan bilik suara di setiap TPS. "Nanti kita siapkan empat sampai lima bilik suara dalam satu TPS, supaya pemilih tidak menunggu terlalu lama," papar Faisal Amir, ketua KPU takalar saat menerima kunjungan Anggota Komisi A DPRD Sulsel, di Takalar, Jumat 27 April. 

Selain menjelaskan soal upaya penambahan bilik suara, KPU Takalar juga memastikan DP4 yang disodorkan pemerintah sedang dalam tahap verifikasi oleh KPU. Faisal meyakini jumlah pemilih hasil pemutakhiran data di lapangan kemungkinan besar akan kurang dari DP4. 

Sementara itu, Komisi A DPRD Sulsel di Takalar secara khusus memantau kinerja Pemkab dan KPU Takalar mempersiapkan pemilihan kepala daerah pada 4 Oktober mendatang. 

Rombongan Komisi A yang dipimpin oleh Ajiep Padindang diterima Asisten I Sekretariat Daerah Takalar, Basri Sulaiman, pimpinan SKPD, para camat, dan anggota KPU Takalar. Tiga pejabat teras Takalar, tidak hadir karena sedang melakukan studi banding di DI Yogyakarta.
Ajiep berharap pemilihan bupati di Takalar dapat berjalan sukses. Mengingat, pemilukada Takalar sangat dekat dengan pemilihan gubernur Sulsel pada awal 2013 nanti.

"Terutama persoalan data pemilih, harus segera dilaporkan ke KPU Sulsel. Karena tidak lama lagi proses pemilihan gubernur juga mulai berjalan," kata anggota DPRD Sulsel dari Partai Golkar ini.

Anggota Komisi A lainnya, Andi Sugiarti juga mempersoalkan indikator peningkatan jumlah pemilih yang dapat menjadi pemicu terjadinya kisruh di kubu pihak yang kalah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Kependudukan dan Catatan Sipil Takalar, Andi Rijal mengatakan indikator peningkatan jumlah pemilih berdasar beberapa hal penting. Di antaranya, pertambahan jumlah pemilih pemula, penduduk yang pindah atau meninggal, dan warga yang belum cukup umur tapi telah menikah. Di samping itu, komisi A juga sempat menyinggung perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang belum berjalan di Takalar.

"Kita juga sementara sedang mempersiapkan perekaman e-KTP. Tapi terkendala peralatan yang belum dikirim oleh konsorsium dari pusat," jelasnya. Rijal berharap anggota DPRD Sulsel dapat ikut mendesak pihak konsorsium mengirimkan seluruh peralatan e-KTP. (yuk/ysd)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "KPU Siap Tambah Bilik Suara"

Post a Comment

KOMENTAR FESBUKER