DPT Takalar 213.509


TAKALAR, FAJAR -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Takalar akhirnya menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilukada Takalar 4 Oktober mendatang sebanyak 213.509 jiwa. Meski jumlah tersebut berkurang dari DP4 yang diserahkan pemkab ke KPU, angkanya bertambah sekira 11,4 persen dibandingkan pemilu presiden pada 2009 yang mencapai 191.710 jiwa.

"Jumlah DPT tidak berbeda jauh dari DP4," kata Anggota KPU Takalar Attahiria Nas, Rabu, 22 Agustus.
Peningkatan jumlah DPT ini, lanjut Attahiria, telah diprediksi sebelumnya tidak akan jauh berbeda dari jumlah DP4 yang diserahkan pemkab sebesar 216.000 jiwa. Rentang waktu tiga tahun, memang memungkinkan jika jumlah pemilih bertambah. Banyak penduduk yang sudah bertambah usia.

"Peningkatan ini antara lain dikarenakan mulai banyaknya pemilih pemula, anggota TNI/Polri yang sudah memasuki pensiun, hingga warga pendatang yang bermukim di Takalar," jelas Attahiria.

Jumlah DPT ini, diyakini KPU telah rampung. Sebab para petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) turun langsung dari rumah ke rumah warga dengan melibatkan kepala desa setempat. Sebelumnya, KPU memperoleh daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 192.598 jiwa, yang kemudian disusul dengan daftar pemilih tambahan yang mencapai 18.911 jiwa. Jumlah DPT yang dirampungkan merupakan hasil penjumlahan DPS yang ditambahkan dengan jumlah daftar pemilih tambahan dan hasil verifikasi faktual di posko pengaduan yang disiapkan KPU sejak pekan lalu. (yuk/ysd)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "DPT Takalar 213.509 "

Post a Comment

KOMENTAR FESBUKER