Bur Klaim Kuasai Kepulauan Tanakeke


TAKALAR, FAJAR -- Kepulauan Tanakeke yang terdiri dari sebelas pulau kecil, diklaim sebagai basis kekuatan suara Partai Golkar yang mengusung Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim  di Pemilukada Takalar 4 Oktober mendatang. 

KLAIM ini disampaikan Ketua Tim Pemenangan Partai Golkar, Muhiddin Mursali. Menurutnya, sejarah Golkar selalu menang di atas 60 persen lebih di Kepulauan Tanakeke, masih akan berlanjut dalam pemilihan kepala daerah 4 Oktober nanti. Sebelas pulau dimaksud adalah Pulau Satangnga, Boluang, Rewataya, Lantang Peo, Dande-dandere, Kampung Bugis, Tompo Tana, Balang Datu, Labang Gori, Batu Ampara, dan Bangko Tinggia.

"Kita tidak mau sesumbar mengantongi dukungan sampai 100 persen. Karena selama ini suara Golkar di sana mencapai 90 persen. Untuk saat ini, kita yakin 60 persen sudah diraih, calon lain juga mungkin mengambil suara yang tersisa," kata Muhiddin, Senin, 3 September.

Jumlah wajib pilih di empat desa yang tergabung dalam sebelas pulau kecil tersebut, lanjut dia, sulit berpindah hati. Apalagi, di antara tujuh pasangan calon yang ada, Burhanuddin Baharuddin (Bur) dan Natsir Ibrahim (Nojeng) paling intens menggarap pemilih di pulau tersebut. Bahkan sebelum lebaran baru-baru ini, kubu Bur-Nojeng sempat menyapa masyarakat di sana.

Empat desa yang ada di Kepulauan Tanakeke, tahun ini tercatat memiliki 4.463 wajib pilih. Sejak pemilu pertama, kata Muhiddin, suara golkar tidak pernah berubah di sana. Malah semakin banyak seiring dengan jumlah penduduk yang bertambah. Pada pemilihan bupati 2007 dan legislatif 2009 lalu, Golkar unggul dalam perolehan suara. "Jadi tidak akan berpengaruh kalau ada calon baru yang mau masuki wilayah tersebut," klaim Muhiddin.

Sementara itu, Bur juga menegaskan pasangan calon lain tidak akan mudah mendapatkan dukungan masyarakat hanya dalam sekali kunjungan. Alasannya, kondisi geografis Kepulauan Tanekeke yang cukup sulit ditempuh. Perjalanan dua jam mengarungi laut diselingi ombak besar, terkadang membuat orang berpikir lama sebelum akhirnya memutuskan datang kesana.

"Perasaannya ji itu kalau ada yang merasa bisa mempengaruhi pendukung saya. Kalau mau ke sana (Pulau Tanakeke, red) harus lebih dari sepuluh kali kunjungan. Seperti yang sudah saya lakukan selama ini," jelas dia.

Terpisah, calon bupati Achmad Daeng Se're (Haji De'de) juga optimis dapat menggalang dukungan suara dari masyarakat Kepulauan Tanakeke. Pasalnya, raihan suara Bupati Takalar Ibrahim Rewa pada pemilukada 2007 lalu, kemungkinan akan terbagi dua. Namun, lagi-lagi Haji De'de bersikap menyerahkan semuanya kepada Tuhan.

"Semua orang pasti mengatakan punya pendukung. Kalau saya, meskipun cuma satu orang yang mendukung saya di sana, tetap akan saya syukuri. Yang menjadi bupati nanti itulah yg dipilih oleh Allah. Kita hanya bisa berusaha dan berdoa," tandas menantu Ibrahim Rewa ini. (yuk)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bur Klaim Kuasai Kepulauan Tanakeke "

Post a Comment

KOMENTAR FESBUKER